Suka duka belajar bermain gitar

1. Awalnya punya niat segede planet jupiter, tapi enggak tau kenapa waktu ditengah jalannya malah sering bolong latihannya...





Hayoo ngaku, siapa dulu yang suka begini  Jujur, ane dulu gitu juga kok gan, diawalnya tuh semangat 45 banget, sampe setiap saat itu pegangannya gitar mulu, trus belajar-belajar kunci ''C'', Kunci ''G'' , Kunci ''F'' dllnya. Sampe-sampe mau tidur juga peluknya bukan bantal, tapi gitar ..
Lah tapi pas beberapa hari berlalu, mulai lah rasa bosan nan jenuh menyerang, rasanya nih skill kok gini-gini aja ya? Napa gak nambah-nambah.. Kok kayaknya dari dulu dan sekarang kunci yang bisa dihapal cuma kunci itu-itu mulu ya, mulai dah rasa malas dan pesimisnya merasuki sukma *lebay woy lebay* 


2. Gak butuh waktu lama, ujung-ujung jari tangan sebelah kiri ente yang lentik itu akan memar dan sakit, kemudian berubah menjadi jari kekar seorang kuli bangunan profesional.



Nah, difase ini adalah fase proses penguatan mental dan menjurus kearah kegalauan yang luar biasa, dimana ente harus memilih mempertahankan jari-jari lentik ente yang tiap hari di meni pedi, dan dirawat dengan kutek-kutek super elegant nan mahal, atau menjadi seorang gitaris yang handal (biasa sih ini terjadi untuk yang kaum hawa), tapi intinya, difase ini mereka akan disuguhkan dengan suatu kesakitan dan nyeri yang luar biasa dijari-jari mereka, yang kemudian akan berubah menjadi keras, sekeras hatiku padamu *busettt 


3. Oke, ente udah mulai hapal sama letak kunci-kuncinya, nah sekarang pertanyaan selanjutnya adalah ''Ini cara ngejrengnya gimana sih?''



Oke, ini pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan oleh mereka sang gitaris pemula, dan difase ini cukup ngebuat kita-kita jadi sedikit stress, gimana gak stress coba, udah belajar kunci mati-matian, dan setelah bisa kunci-kunci sih, ekspetasinya udah pengen langsung mainin sebuah lagu romantis untuk nembak sidoi, lah gagal dong  .
Banyak juga pertanyaan yang dilontarkan kepada si gurunya ''Ini ngejreng nya gimana sih? Trus metiknya gimana? Kok sulit ya? Gak kayak metik cabe yang kemarin itu...'' *eh bentrok aja yuk* -___-

Nah banyak juga yang pada nyerah difase ini, trus dengan santainya ngomong kegitarnya kayak gini ''Kamu terlalu sulit buat aku, kita temenan aja ya?'' *eh lu kira orang mau pacaran apa  *
Tapi, bagi mereka yang tetap bertahan difase ini, SELAMAT !!! setelah ini, ente akan langsung bisa mainin tuh gitar 


4. Kunci-kunci udah hapal, udah bisa ngejreng senarnya, nah sekarang lagunya apa nih yang mau dinyanyiin?



Kalau ditahap ini, yang paling kasian tuh gurunya , apalagi kalau gurunya itu temen kita, udah deh segala lagu ditanyain ''eh ini kuncinya apa ya?'' , ''Brow, ini kuncinya kok susah banget yah? Kalau kuncinya diubah ke kunci yang mudah boleh gak?'' , ''Oya, lu tau lagu Cabe-cabean gak? enak tuh lagunya! Atau lagu goyang dumang juga kece loh.. Itu kuncinya gimana brow? Catetin sekalian yah, oya sekalian lagu Suju dicatetin ya? Gw mau belajar-belajar juga dirumah.. Atau , gimana kalau lu buat buku lagu buat gw, biar gw bisa gampang belajarnya dirumah atau...'' *Udehhhh stopppp!!!! *Terjun dari lantai 10*


5. Setelah semuanya berlalu, dan gurunya udah mati karena terjun dari lantai 10, akhirnya ente bisa juga ngemainin tuh alat musik dan udah hapal sama kunci-kunci untuk lagunya.



Oke, dalam proses belajar ente udah berhasil, tapi sebenarnya perjuangan ente belum selesai, malah perjuangan sesungguhnya untuk menjadi seorang gitaris profesional baru dimulai.
Disini ente udah mulai berani ngemainin gitar sama temen-temen ente, trus juga ente sering bawa gitar kesekolah atau ketempat rame buat main bareng temen, dan pastinya juga untuk memikat hati sidoi 
Nah biasanya, difase inilah ente mulai belajar menjadi gitaris yang handal, dan membangun mental ente untuk berani main didepan umum dan didepan banyak orang. Keep Fighting!!!!!

6. Entepun mulai disenangi oleh orang-orang, dan saat ente megang gitar, maka akan banyak orang yang berbondong-bondong datang ke-ente untuk ikutan nyanyi bareng sama ente.



Disini entepun bangga sama diri ente sendiri, karna ente udah bisa berbagi kebahagian buat temen-temen ente sebagai pengiring musik mereka. Mereka juga seneng kalau ada ente, karena ente bisa ngebuat mereka semua nyanyi bareng-bareng.
Kalau kisah ane sekolah dulu tuh, kalau lagi jam kosong, ane pasti dipanggil sama kelas tetangga yang notabene itu cewek semua yang manggi, kebetulan dulu ane itu selalu bawa gitar kesekolah  
Nah waktu dipanggil, ane pun diajak nyanyi bareng sama mereka  *coba kalau diajak pacaran ye  ..
Dan taulah ente, ane seperti harem (yang anime jepang), dimana ane kayak jadi lelaki sendiri didunia, dan dikerubungi oleh cewek-cewek  hihihi, rasanya seru banget kalau nginget masa itu 



7. Entepun udah mulai jago, dan ente bermetamorfosis menjadi gitaris yang profesional..



Disini ente udah mulai serius, dan pengen banget pengen jadi pro. 
Jadi disini ada yang pada ikut main band, dan yang Kristen ada yang ikut pelayanan digereja, lalu entepun mulai beraksi memainkan alat musik ente.. 
Difase ini, ente udah mulai disegani orang, dan udah mulai dibayar untuk main musik, sebagian dari ente juga ada yang memilih untuk menjadi guru musik, lalu ada juga yang ingin belajar alat musik lain, dan ada juga yang ingin terus menaikan skill bermain gitarnya ketahap yang lebih tinggi.


8. Entepun berhasil menjadi seorang gitaris dan bangga dengan pencapaian sampai sejauh ini.



Disini, entepun akan sangat merasa bangga dengan semua yang udah ente raih, dan terkadang ente juga mengingat gimana masa sulitnya ente latihan, dan gimana ente ngebuat guru pembimbing ente kesal.
Disitu ente juga berterimakasih kepada beliau karena udah ngebuat ente bisa sampai kayak sekarang ini. 
Nah buat yang lagi dalam proses belajar, hargailah guru kalian , siapapun orangnya , walaupun dia guru yang gak dibayar (mungkin karena teman), bukan berarti jasanya juga murahan loh, jadi perlakukanlah dia sebaik-baiknya.. 
And Btw Thanks Guruku  hehe


Nah gan, udah nostalgia belum? Atau ada yang masih belajar? Jangan patah semangat gan, pasti bisa kok 
Dan ente yang masih dalam proses pembelajaran, jangan harap bisa langsung bisa maen, karena semua itu butuh proses gan, dan pastinya butuh pengorbanan, yaitu pengorbanan dana, waktu, dan pastinya juga dibutuhkan ketekunan dan kesetian untuk bisa main alat musik 


Oya ane mau kasih sedikit saran buat yang lagi proses belajar main gitar, atau buat yang ada minat untuk main gitar , atau alat musik yang lain juga boleh baca 

1. Ente kudu harus niat 100% dan bener-bener serius, jangan main-main dan males-malesan..

2. Ente harus rajin latihan, dalam proses belajar kunci dan memindah-mindahkan kunci , minimal 1 hari ente harus punya waktu 2 - 3 jam. (kalau lebih malah bagus, tapi jangan kurang).

3. Kalau udah bisa ngemainin gitarnya, mainkan lagu paling mudah aja dulu, jangan langsung ke yang sulit, ingat gan! Proses! Lalu difase ini, karena ente udah bisa mainin lagu, jadi ente bisa ngelatih skill ente lebih lama lagi.

4. Trus mulailah belajar lagu dalam semua kunci Dasar (A, B, C, D, E, F, G) .

5. Setelah semua kunci udah bisa dikuasai, latih feeling ente dalam mendengarkan nada. Fungsinya supaya ente bisa langsung memasukan kunci tanpa harus melihat buku lagu.
Jadi walaupun ente dihadapkan sama lagu baru, ente gak perlu panik, dan gak perlu searching google untuk tau kunci-kunci dilagu itu..

Caranya : Jangan cuma asal ngemainin musiknya, tapi dengar dan kenali setiap nada yang keluar, dan ulangi terus sampai terlatih dengan baik.. Ente juga bisa ngemainin nada Do Re Mi Fa Sol La Si Do untuk mencoba melatih feeling ente..

6. Jangan malu untuk nyanyi bareng sama teman, kalau bisa ajak mereka kumpul-kumpul untuk bisa nyanyi bareng dan ente sebagai pengiringnya. (ini cuma berlaku untuk alat musik yang portable dan bisa dibawa-bawa kayak gitar, biola, keyboard portable, seruling, dllnya).. Karena dari situ, skill ente bakal lebih terasa , dan akan ngebuat ente lebih PD lagi tampil didepan umum.

7. Kalau ada komunitas musik, gabung aja ! itung-itung nambah wawasan dan skill..

8. Jangan menyepelekan ilmu yang diberikan orang, walaupun skill dia ada dibawah kita.. Tetap rendah hati, jangan bosan-bosan latihan, hauslah akan pengetahuan akan musik, dan yang terpenting, jangan pernah menganggap diri kita udah pintar dalam bermain music, karena dengan begitu akan ngebuat kita jadi enggan latihan lagi.

sumber

0 comments:

Post a Comment

 

Everything at once Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger