Apa itu introvert.?

Pendahuluan

Tahukah Agan Apa Itu Introvert ? Jika sudah tahu apa yang agan pikirkan pertama kali jika mendengar kata introvert? Mudah kah mengenali sosok introvert? Mungkin sebagian dari kita berpendapat bahwa seseorang yang dikatakan introvert adalah ia yang sangat pendiam, tidak akan berbicara jika tidak diajak bicara, atau bahkan seseorang yang sangat membosankan. Benarkah?

Sebenarnya setiap manusia memiliki karakter introvert dan extrovert. Yang membedakan hanyalah karakter mana yang lebih dominan. No one is pure introvert or pure extrovert.Dibawah akan ane bahas apa itu Introvert.



1. Tidak suka basa-basi?

Laurie Helgoe di tulisannya yang berjudul “Introvert Power: Why Your Inner Life is Your Hidden Strength” menyebutkan bahwa orang introvert tidak suka basa-basi bukan karena membenci orang yang mengajaknya bicara.
Hehe, saya sendiri memang kadang tidak terlalu suka basa-basi. Dulu malah sempat ditegur di kantor agar bisa sedikit belajar basa-basi kalau berkomunikasi dengan rekan kerja. Mungkin hal ini juga yang kadang membuat orang lain sedikit jengah jika berhadapan dengan orang introvert, hehe.

2. Sering merasa asing di keramaian

Ketika berada di pesta, orang introvert cenderung bertemu dengan orang-orang yang sudah mereka kenal. Tujuan utama seorang introvert berada di pesta jarang sekali untuk bertemu orang-orang baru.
Dembling mengungkapkan bahwa jika Anda sering merasa asing di keramaian, kemungkinan Anda adalah seorang introvert.


3. Orang introvert lebih suka berada di dalam kelompok kecil

Dembling mengatakan bahwa kegiatan bersosialisasi bagi orang introvert bisa membuat mereka tertekan. Orang introvert lebih suka berada di sebuah grup kecil dan dekat satu sama lain.
Saya sendiri kadang merasa berada di dalam sebuah grup besar terlalu lama itu bisa sangat “melelahkan”.

4. Suka mikir “terlalu dalam” dan gampang terpecah konsentrasinya

Kalau yang ini sih saya banget, hihi. “Introverts suka menyelam hingga yang paling dalam,” kata Dembling. Misalnya nih ya, habis nonton film atau baca buku, suka banget mengingat-ingat hal-hal inspiratif/berkesan, dan itu bisa dipikirin lamaaa banget.
Saya sendiri termasuk orang yang sangat mudah terpecah konsentrasinya. Kalau sedang melakukan sesuatu, bisa harus “memposisikan diri” di dalam zona yang kondusif. Kalau nggak gitu, hal yang dilakuin bisa nggak beres-beres.

5. Isi energi dengan menyendiri

Salah satu karakteristik fundamental yang dimiliki oleh seorang introvert adalah mereka selalu butuh waktu sendiri untuk bisa mengisi “baterainya”. Mungkin bagi sebagian orang (khususnya yang memiliki karakter dominan ekstrovert), menghabiskan waktu sendirian di rumah hanya dengan segelas teh dan setumpuk majalah tampak sangat membosankan. Tapi, tidak untuk seorang introvert.

6. Orang introvert bisa menjadi pemimpin yang hebat

Banyak yang menganggap bahwa orang introvert adalah pemalu. Ah, hal ini juga yang sering membuat saya sedikit tidak nyaman, introvert bukanlah pemalu. Beberapa publik figur seperti Emma Watson, Christina Aguilera mereka adalah orang introvert. Selain itu, sekitar 40 persen CEO adalah orang-orang introvert.

Meski memang tidak bisa dipungkiri, orang introvert kemungkinan harus berusaha lebih keras ketika harus bersosialisasi di kelompok-kelompok besar. Kadang seorang introvert merasa lebih nyaman menyampaikan pidato di hadapan 500 orang daripada harus membaur dengan orang-orang tersebut.

Seorang introvert juga memiliki kecenderungan untuk tidak berada di sebuah posisi yang dikerumuni banyak orang. Misalnya, kalau pergi ke bioskop, orang introvert lebih memilih untuk berada di kursi paling belakang atau yang dekat dengan jalan keluar.

7. Butuh jeda setelah berinteraksi terlalu lama

Dembling berkata bahwa semua hal yang dilakukan seorang introvert di “dunia luar” membuat mereka mudah lelah. Jika sudah begitu, mereka butuh waktu untuk mengembalikan energi dengan berada di situasi yang menenangkan.

8. Kebanyakan memiliki pasangan seorang ekstrovert

Menurut Dembling, orang-orang introvert kadang-kadang tertarik dengan orang-orang ekstrovert karena mereka sangat suka berada di dalam keriangan seorang ekstrovert. Ya, ibaratnya sih bisa saling melengkapi satu sama lain.

9. Ahli dalam satu bidang

Olsen Laney menyatakan bahwa orang-orang introvert memiliki otak dan cara berpikir yang membuat mereka bisa fokus dan berpikir tentang hal-hal tersebut selama beberapa saat. Jadi, mereka akan terpacu untuk belajar dengan sangat giat hingga benar-benar ahli dalam bidang tersebut.

10. Hal-hal yang dihindari

Orang-orang introvert memiliki kecenderungan untuk menghindari kegiatan yang mengharuskan mereka terlibat secara aktif. Selain itu, mereka kadang tidak akan menerima telepon dari orang-orang yang bahkan sudah mereka kenal.
“Bagiku, ponsel yang berdering itu seperti ada seseorang yang loncat keluar dari lemari dan berteriak mengagetkan ‘DOR!’” kata Dembling. Mungkin hal ini memang agak aneh, tetapi saya sendiri juga kadang mengalaminya. Jadi, ketika ponsel saya berdering, saya sempat merasa kaget. Kalau nomor itu tidak saya kenal, saya bisa mengabaikannya begitu saya. Kalau yang menelpon itu adalah orang yang saya kenal, kadang saya masih mikir juga perlu diangkat atau tidak ya. Rupanya orang-orang introvert memiliki kecenderungan untuk harus bersiap-siap dahulu sebelum memulai sebuah percakapan melalui telepon.

sumber

2 comments:

Ardhian Nrawang Cahyo said...

Allahu a'lam bishshawaab ndri. hehe :D. Ntar bantuin ane desain. Ane baru bikin blog nih. maklum pemula.

Nugraha Andri said...

wokee nai, gampang itu mah.

Post a Comment

 

Everything at once Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger