Manfaat mentimun bagi kesehatan


Manfaat Buah Mentimun - Popularitas mentimun dalam dunia kuliner sudah tidak diragukan lagi. Mentimun dapat ditemukan dalam berbagai hidangan hampir disetiap neara. Tapi, masih banyak orang yang meragukan mentimun karena dianggap tidak bergizi dan hanya mengandung air belaka. Padahal dibalik penampilannya yang sederhana dan harganya yang murah tersimpan banyak khasiat sehat.



MANFAAT MENTIMUN BAGI KESEHATAN KULIT


Sejak ratusan tahun yang lalu, mentimun dipercaya bermanfaat bagi kesehatan kulit, apa rahasianya? Ternyata dibalik kesegaran daging buahnya yang banyak mengandung air ini tersimpan vitamin C dan asam kafeat yang membantu meredakan iritasi kulit dan mengurangi penumpukan cairan dibawah kulit. Inilah alasan kenapa mentimun sering digunakan untuk mengkompres mata yang lelah dan bengkak, mengobati kulit kering, kulit yang terbakar sinar matahari, jerawat, exsim, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga. Mentimun juga populer sebagai sahabat wanita karena keampuhannya sebagai kosmetik alami untuk mempercantik kulit wajah. Irisan mentimun sering digunakan sebagai masker wajah untuk menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah, menghilangkan noda hitam, serta mengurangi minyak berlebih di wajah. Oleh karena itu banyak salon, baik yang konvensional maupun yang salon muslimah menggunakan mentimun sebagai bahan untuk perawatan di salonnya.

Kandungan air dan mineral kalium dalam mentimun juga berperan mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal. Asam urat yang berlebihan didalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk dipersendian dan menyebabkan penyakit artritis atau radang sendi. Oleh karena itu jika anda menderita Artritis atau batu ginjal, konsumsilah mentimun.




TIPS SEPUTAR MENTIMUN

A. Pilih mentimun yang tidak lembek, berwarna hijau cerah hingga hijau gelap. Jangan pilih mentimun berwarna kuning, lembek, kulitnya keriput, dan terdapat lapisan lilin. Sebaiknya pilih mentimun organik.

B. Agar mentimun tidak pahit setelah dikupas, potong kedua bagian ujung ketimun, kemudian gosok memutar hingga keluar etah berwarna putih, lalu cuci dengan air mengalir

C. Mentimun sangat sensitif terhadap panas, jangan menyimpan mentimun pada suhu kamar atau terkena paparan sinar matahari langsung karena akan membuat mentimun layu. Simpan dalam kulkas agar awet selama seminggu. Namun jika ingin mendapatkan kualitas rasa dan kesegaran maksimal, konsumsi mentimun minimal1-2 hari setelah dibeli

D. Bila terdapat sisa mentimun yang sudah terlanjur dikupas dan dipotong, kemas dalam plastik pembungkus. Kemudian simpan dalam wadah kedap agar mentimun tetap segar dan tidak mengalami kekeringan (kehilangan air) jika disimpan dalam kulkas akan awet selama satu hari.



MANFAAT KULIT dan BIJI MENTIMUN

Kulit dan biji mentimun sebaiknya tidak dibuang karena berkhasiat.
Kulit ketimun kaya akan serat, vit A, mineral Silika, Kalium dan Magnesium.Mineral Silika berperan memelihara kesehatan jaringan penghubung (otot, sendi, dan tulang). Juga mengandung asam folat yang bermanfaat mencegah kerusakan otak pada bayi saat dilahirkan. Karena itu mengkonsumsi ketimun berikut kulitnya sangat baik untuk wanita hamil.Tapi hati-hati dengan mentimun yang dilapisi lilin. Sebaiknya dicuci di bawah air mengalir untuk menghilangkan lilinnya. Jika anda ingin menyantap ketimun tanpa mengelupas kulitnya, sebaiknya pilih yang organik.



Biji mentimun mengandung Vit E untuk menghambat proses penuaan dan menghilangkan keriput.
Selain itu biji ketimun juga mengandung Alkaloid hypoxanthine yang berfungsi untuk mengobati Cacingan, terutama pada anak-anak.

MANFAAT LAIN DARI BUAH MENTIMUN

Buah ketimun atau biasa disebut dengan nama timun atau mentimun selain sering dipakai untuk bahan rujaan juga sangat bermanfaat untuk Kesehatan Badan. Buah timun memiliki banyak manfaat sebagai untuk Obat Alami, bermanfaat untuk kecantikan dll. Tidak cuma itu ternyata ketimun juga berkhasiat sebagai Obat Herbal diantaranya adalah untuk menyembuhkan hipertensi/tekanan darah tinggi, bisa bermanfaat untuk peluruh racun atau detoks, untuk melangsingkan pelangsing tubuh, bisa untuk mengatasi selulit dll.

Buah ketimun merupakan jenis tanaman labu-labuan dan buahnya sangat menyegarkan kalau dimakan. Buah mentimun yang memiliki kadar air yang cukup tinggi ini biasanya dipanen ketika ketimun tidak terlalu tua. Informasi tanaman obat dan kesehatan kli ini tentang buah ketimun yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Sebelum Anda membaca info selanjutnya mungkin Anda juga ingin tahu Tanaman Obat yang berguna untuk kesehatan tubuh seperti Tanaman Berkhasiat Obat Tradisional Nama Jenis Tumbuhan Obat Dan Manfaatnya , Manfaat ASI (Air Susu Ibu) Eksklusif Bagi Bayi Keuntungan ASI Untuk Pertumbuhan Buah Hati atau Daftar Nama Makanan Sehat yang Bikin Subur - Tambahan Nutrisi Baik Untuk Kesuburan Alat Reproduksi

Tanaman buah ketimun merupakan tanaman merambat dan setelah berbunga dan berbuah biasanya akan mati, sedangkan buah ketimun memiliki warna hijau saat masih muda dan biasanya ada larik-larik berwarna putih agak kekuningan dan buahnya berbentuk memanjang. Buah mentimun sering dipanen ketika buah masih dalam kondisi masih muda atau setengah masak dan biji belum masuk fisiologi.

Banyak sekali kandungan vitamin serta zat lain yang terdapat dalam buah mentimun seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, zat fosfor, zat kalium seng, kalsium, magnesium serta besi. Sedangkan untuk kandungan gizi yang terdapat dalam buah mentimun bisa digunakan untuk diet serta produk kecantikan.

Kalau dalam kehidupan sehari hari buah timun banyak di gunakan sebagai bahan untuk rujak dan lalapan, padahal ada juga manfaat lain terutama manfaat untuk kesehatan yang didapat dari buah mentimun. Buah mentimun bermanfaat untuk membantu sekresi didalam urin sehingga dapat bertindak sebagai diuretik alami. Buah ketimun juga sangat bermanfaat untuk ginjal, kandung kemih, hati, pencernaan protein, tekanan darah dan penyakit pankreas.

Jika ada yang menderita rematik yang disebabkan karena peningkatan konsentrasi asam urat dalam tubuh bisa memanfaatkan dan mencampurkan buah ketimun dan jus wortel, bayam dan jus selada yang baik untuk pertumbuhan rambut.

Menkonsumsi jus mentimun sangat baik untuk penyakit mulut termasuk juga seperti penyakit gusi serta gigi. Kandungan cairan yang tinggi juga membuat kulit bisa tampak berseri. Asupan mentimun Reguler yang baik untuk arthritis, asam urat dan eksim.

Ketimun untuk Detoksifikasi
Buah ketimun banyak mengandung kadar air (hampir mencapai 90%), Banyaknya kandungan air dalam ketimun ini sangat bagus untuk memperlancar buang air kecil, juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan serta menetralkan toksin atau racun, kemudian juga dapat membantu melunturkan bakter-bakteri yang terdapat di sepanjang saluran usus serta dinding kandungan kemih.

Timun bermanfaat untuk obat hipertensi
Persiapkan 2 buah timun, kemudian dicuci, lalu diparut, setelah itu di peras. Kemudian minum air hasil perasan ketimun tersebut. Lakukanlah 2-3 kali sehari.

Buah mentimun untuk anti serangga
Mungkin banyak yang belum mengetahui jika buah timun berguna sebagai anti kecoa serta anti semut. Caranya adalah siapkanlah kulit buah kentimun, lalu buah timun dipotong-potong, kemudian rendam dalam jus mentimun selama kurang lebih satu jam. Kemudian ambilah kulit tersebut, lalu dikeringkan dengan memakai oven bersuhu sekitar 200 C, setelah itu hancurkanlah hingga menjadi serbuk. Setelah itu masukkan serbuk kulit dari mentimun ke dalam blender, kemudian dicampur dengan daun salam yang sudah direndam dalam jus mentimun. Setelah itu keluarkanlah dan jemur sampai mengering. Cara pemakaiannya adalah sebarkanlah serbuk yang dibuat tadi yang sudah kering ke tempat yang banyak semutnya.

Buah ketimun untuk mengobati diare pada anak
Persiapkan 1 buah timun, lalu dicuci, kemudian di rebus, setelah itu haluskan. Proses selanjutnya disaring, dan ambil airnya, beri hasil saringan air ketimun tersebut dengan sedikit madu. Kemudian minumkan ramuan tersebut hingga diare mampet.

0 comments:

Post a Comment

 

Everything at once Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger