Sa'at galaksi andromeda dan galaksi bima sakti bertabrakan


Kita semua tahu bahwa kita tidak hidup sendirian di alam semesata ini. Maksud ane bukan tentang makhuk hidupnya gan, tapi tentang galaksi. Sa'at galaksi andromeda dan galaksi bima sakti bertabrakan
Selain galaksi kita Bima Sakti, terdapat milyaran (bahkan lebih) galaksi di luar sana, dan yang terdekat adalah galaksi Andromeda, yaitu berjarak 2,5 juta tahun cahaya.



Galaksi Andromeda

Data terbaru mengatakan bahwa galaksi andromeda bergerak dengan kecepatan 300.000 mil/jam, lebih cepat 100x dari kecepatan peluru, ke arah galaksi kita Bima Sakti (kita tahu bahwa alam semesta mengembang dan galaksi2pun juga bergerak). Apakah yang akan terjadi nanti ketika Andromeda menubruk Bima Sakti?
Silakan nikmati trit ane kali ini,,



==Evolusi Galaksi==


Mengintip kembali dimana sebuah galaksi mulai terbentuk.
Para astronom menemukan kumpulan2 kecil dari milyaran bintang muda mengelompok bersama sama. Pengelompokan tersebut lama2 akan menyatu dan membentuk ikatan satu sama lain, hanya menyisakan beberapa kelompok besar yang tidak beraturan. Akhirnya dari beberapa kelompok besar (galaksi muda) tak beraturan ini akan berkembang dari sisi ukuran dan bentuknya, terbentuklah sebuah galaksi dengan bentuk yang familiar, seperti elips, disk, dan lain2.

Fact: Di awal alam semesta (setelah Big Bang), tabrakan antar galaksi terjadi 10x lebih sering daripada sekarang






Dari sini dapat diambil kesimpulan, bahwa tabrakan antar galaksi adalah cara galaksi untuk berevolusi.
Seperti tetesan air yang bergabung dan membentuk samudra. Kolam bintang ini juga akan bergabung satu sama lain untuk berevolusi menjadi galaksi yang lebih besar.




==Tabrakan Antar Galaksi==


Tabrakan antar galaksi disebabkan adanya gravitasi yang saling tarik menarik antar galaksi yang berdekatan, seperti Bima Sakti dan Andromeda. Jangan bayangkan tabrakan antar galaksi akan membuat kerusakan mega dahsyat, SALAH. Ketika Andromeda menabrak Bima Sakti, pengaruh yang diterima Matahari dan Bumi kita sangatlah kecil, kenapa bisa demikian?
Penyelamat kita adalah JARAK.
Bayangkan, jika matahari sebesar pasir, maka ente harus menempuh jarak 2 mile sebelum bertemu dengan Alpha Centaury. Celah yang sangat lebar pada bintang terdekat di Bima Sakti.

Fact: Alpha Centaury adalah bintang terdekat dengan Matahari dengan jarak 4,4 tahun cahaya. Berada di konstelasi Centaurus.

Ketika Andromeda bertabrakan, maka hanya akan melewati/menembus Bima Sakti melalui celah kosong ini, sehingga pengaruh pada Tata Surya Matahari tidaklah signifikan.

Tapi celah kosong yang ane maksud di atas sebenarnya tidak sepenuhnya kosong, terdapat banyak awan debu dan gas angkasa yang terdiri dari atom2 penyusun bintang. Ketika galaksi bertubrukan, awan gas dan debu inipun juga akan saling bertubrukan, jika terjadi dalam jumlah yang besar akan terjadi sebuah kompresi luar biasa sehingga menimbulkan gravitasi. Pada saat gravitasi ini sudah muncul, maka awan gas dan debu angkasa ini akan runtuh ke pusat gravitasi dan membentuk sebuah bintang baru. Ada bintang yang sendiri, ada juga yang berkelompok (bisa menjadi 1000 bintang lebih per kelompok).

Fact: Terdapat 70 sextillion (7 diikuti 22 nol di belakangnya)bintang jika dilihat dengan mata telanjang





sa'at galaksi andromeda dan galaksi bima sakti bertabrakan, gravitasi yang besar mengakibatkan perubahan bentuk yang signifikan, untuk lebih jelasnya silakan intip gambar berikut.



Dari ujung kiri sampai ujung kanan merupakan awal tabrakan galaksi


Mulai menyatu


Sudah dalam betuk satu kesatuan galaksi


Fact: Daerah tanda panah disebut "Tidal Tails", tempat lahirnya bintang.


berikut ilustrasinya




==Di Jendela Ente==


Jika kita lihat langit malam, langit selalu konstan, menunjukkan pemandangan yang sama setiap tahunnya. Tetapi jika kita berada di Bumi 5 milyar tahun dari sekarang, maka pemandangan langit akan tampak LUAR BIASA.

Fact: Pada 5 milyar tahun di akan datang, matahari akan bertransformasi menjadi Red Giant Star, dan Bumi akan tertelan didalamnya.



Andromeda, yang sekarang hanya terlihat seperti titik yang redup akan tumbuh lebih besar berjalan seiringnya waktu, menutup jarak 2,5 juta tahun cahaya dan menciptakan pemandangan SUPER.





Saat Andromeda mulai bertabrakan dengan Bima Sakti, awan gas dan debu akan mulai terkompresi, dan akan terbentuk bintang muda biru cerah. Sementara banyak terbentuk juga Cluster baru yang lebih terang 100x daripada yang kita lihat sekarang.





Setelah berputar2 bersama Bima Sakti, Andromeda akan mulai menuju pusat galaksi, semakin dalam dan semakin dalam. Menerangi langit dengan berbagai ledakan tubrukan awan dan gas pertanda munculnya bintang baru. Bintang baru dan tua akan bersama sama beradaptasi dengan kondisi yang baru, dan dengan perlahan akan membentuk orbit baru.








Pada akhirnya sebuah galaksi elips tunggal akan melanjutkan perjalanannya di alam semesta. Andromeda akan menjadi tabrakan galaksi terbesar bagi Bima Sakti.




Begitulah penjelasan sedikit   sa'at galaksi andromeda dan galaksi bima sakti bertabrakan, Tenang gan waktunya masih milyaran tahun lagi, Sebelum ngeliat ini kita udah tewas duluan gan, hehehe

0 comments:

Post a Comment

 

Everything at once Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger