Tips menghindari fluktuasi harga tiket pesawat

Pernah ga sih agan mikir kenapa harga tiket pesawat itu beda sehari, sejam, semenit, bahkan sedetik doang bisa berubah-ubah dengan 'semena-mena'?
Kadang murah lah, tapi kebanyakan sih (berdasarkan pengalaman) naik terus gan
Terus kenapa ga seperti tiket Bus, Kereta Api, dll yang harganya udah pasti?

Nih alasannya gan kenapa begitu, soalnya setiap maskapai penerbangan tuh punya sistem yang otomatis menyesuaikan harga tiket tergantung jumlah penumpangnya, lama sampai ke tujuan, waktu keberangkatan, fuel surcharge, dll gan
Kalo jumlah penumpang dalam satu pesawat itu terus bertambah, maka otomatis harga tiketpun naik gan




Buat mahasiswa perantau pasti kesel setengah mampus nih kalo mau pulang kampung terus ngeliat harga yang ada selangit gitu
Dan bukan cuma mahasiswa doang kok, masyarakat juga pada umumnya pasti syok tuh  dilema , galau , dan kejang2 (oke ini lebay ) pasti menghampiri kita.
Udah dekat mau lebaran, tiket mahal, mau naik Bus kelamaan
Nah, untuk menghindari harga yang 'mungkin' menurut agan itu terlalu mahal untuk kantong agan, silahkan baca tips dibawah ini gan




Tips Menghindari Fluktuasi Harga Tiket Pesawat 

1. Rencanakan Keberangkatan
First of all nih gan
Rencanain perjalanan ente dulu gan kalo ingin bertransportasi dengan pesawat terbang.





2. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari
Perencanaan keberangkatan tadi membuat kita bisa melakukan pemesanan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya.
Berdasarkan pengalaman ane sih biasanya 2-3 minggu sebelum keberangkatan tiketnya lumayan murah tuh




3. Booking First
Segera booking Ketika ada event, tiket promo, atau tiket yang ente anggap murah yang di luncurkan sebuah maskapai.
Jangan sampe kalo berakhir masa promo dan kehabisan tiket promo tersebut ente mewek, galau dan kayang di atas monas gan




4. Gabung Dengan Komunitas Travelling
Cobalah bergabung dengan komunitas travelling dengan mendaftar dalam milis, agar mudah bertukar informasi tentang tiket pesawat murah.
Selain itu juga kita bisa mendapatkan informasi tempat-tempat yang akan kita kunjungi dan informasi lainnya
Kalo yang ini ane juga belum pernah gabung gan
kurang tau juga info komunitas travellingnya, mungkin ada agan2 yang tau?




5. Daftar ke Website Maskapai
Daftarkan diri melalui website maskapai, sehingga kita bisa mendapat informasi penerbangan dan tiket pesawat murah yang dikirim ke email kita.
Ini belom pernah ane coba juga gan, malesnya sih jadi spam
Tapi patut diikuti kalo emang butuh informasi terus menerus




6. Choose the Best Time
Pilihlah penerbangan pada hari kerja di banding akhir pekan, atau memilih penerbangan pada hari sabtu pagi dan kembali hari senin daripada melakukan perjalanan hari jumat sore dan pulang hari minggu.
Tau sendiri kan gan kalo weekend itu pasti banyak orang yang mau bepergian, makanya pilih waktu kerja aja soalnya pasti sedikit orang yang mau bepergian (pengalaman )




7. Frequent Flyer
Bila agan sering melakukan penerbangan, ikuti program "Frequent Flyer" dari sebuah maskapai, karena ada penerbangan gratis setelah melakukan beberapa kali penerbangan.
Tapi sampai saat ini sih ane belum pernah dapat program ginian gan
Ane gatau maskapai mana yang ngadain program ini.
Tapi enak nih programnya, kaya kita cuci motor 10 kali gratis 1 kali nuci




8. Early Morning or Night Flying
Kalau ente ga masalah dengan penerbangan dini hari atau malam hari, coba aja gan
Penerbangan jam segini tuh lebih murah daripada jam-jam kerja atau siang hari
FYI, Kadang2 orang males mau bangun pagi untuk pergi ke bandara (including me ) kecuali terdesak, atau emang itu yang paling murah sih ya




9. Student Promo
Kalo ente masih mahasiswa, cari paket penerbangan khusus untuk mahasiswa gan di salah satu maskapai gan
Biasanya diskon 25% dari harga aslinya
Setau ane sih maskapai yang ngasih promo ini tuh G*rud*
Ind*n*s*a gan


0 comments:

Post a Comment

 

Everything at once Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger