8 Cara mudah berolahraga di rumah


Repot, sibuk, dan segudang alasan lain bisa muncul untuk urusan olahraga. Apalagi jika hal itu ditanyakan pada kaum ibu muda yang masih memiliki anak kecil. “Mengurus rumah ‘kan juga bisa dibilang olahraga. Capek juga, lho!” Begitu biasanya pembelaan yang mereka lontarkan. Sebuah riset kecil yang dilakukan di Amerika Serikat pun mendukung kecenderungan tersebut. Diungkapkan bahwa kaum perempuan yang memiliki anak kecil kebanyakan lebih suka makan ketimbang mengolah tubuh. Ditambah lagi mereka sering menjadi ‘tempat sampah’ yang terpaksa menghabiskan sisa-sisa makanan anak karena merasa sayang kalau dibuang. Akibatnya, kalori makin menumpuk dan berat badan bertambah.
Memang benar bahwa pekerjaan rumah yang tiada habisnya itu hampir selalu membuahkan rasa lelah. Namun, belum tentu juga bisa sepenuhnya dibilang olahraga, terutama jika pekerjaan itu tidak dilakukan sendiri. Tentu tak sedikit ibu muda di Jakarta dan kota-kota besar lainnya yang menyerahkan sebagian besar tugas rumah tangga kepada asisten / pembantu rumah tangga.
Sebetulnya tidak sulit melakukan aktivitas yang mampu membakar kalori di rumah. Waktu yang diperlukan juga tak sampai mengacaukan tugas lain, paling hanya 20 – 30 menit. Kalaupun tak bisa meluangkan waktu sama sekali, kegiatan dengan si kecil dan berbagai aktivitas sehari-hari lainnya bisa dijadikan sarana untuk membakar kalori dan mendapatkan tubuh yang lebih sehat.



8 macam kegiatan berikut bisa menjadi cara mudah dan murah
untuk Anda tetap bisa rutin berolahraga, meskipun hanya di dalam rumah.



1. Jalan kaki mondar-mandir


Anda bisa memindahkan belanjaan dari bagasi mobil ke dalam rumah, atau mengangkut pakaian dari mesin cucui ke tempat jemuran, tidak dalam sekali jalan, tapi sedikit demi sedikit, sehingga memaksa Anda untuk bolak-balik. Jalan kaki mondar- mandir juga bisa dilakukan sambil menerima telepon. Kalau yang menelpon teman atau sahabat, ketika anak-anak sudah berangkat sekolah dan suami ke kantor, biasanya memakan waktu berjam-jam. Gunakan itu sekalian untuk berolahraga.
Penelitian yang dilakukan Syracuse University yang dilaporkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise mengungkapkan bahwa jalan kaki 1.600 meter pada perempuan bisa membakar sekitar 74 kalori. Lumayan, kan?



2. Naik Tangga



Jika di rumah ada tangga, ini merupakan alat yang efektif untuk membakar kalori. Jika ada waktu luang atau memang ada perlu untuk menggunakan tangga, cobalah untuk naik turun tangga satu dua anak tangga dalam sekali langkah. Hati-hati agar tidak terpeleset dan terjatuh.
Menurut situs EverydayHealth, kegiatan naik-turun tangga ini dapat membakar sekitar 300 kalori jika dilakukan selama 30 menit.


3. Bermain bersama anak di halaman


Daripada membiarkan anak-anak berdiam di depan televisi atau main video games, ajaklah mereka menikmati sore yang cerah di luar rumah atau bermain petak umpet di dalam rumah. Menurut studi yang dilakukan Harvard Medical School, bermain dengan anak-anak cukup efektif untuk membakar kalori. Sekitar 149 kalori dapat terbakar dengan bermain bersama buah hati Anda selama 30 menit.



4. Mengajak si kecil jalan-jalan


Jika anak Anda masih kecil, Anda bisa menggendongnya atau mendorong stroller sambil berkeliling di sekitar rumah Anda. Mendorong stroller selama satu jam bisa membakar sekitar 150 kalori bagi orang dengan berat badan sekitar 65 kg. Sedangkan menggendong si kecil bisa membakar hingga 210 kalori.



5. Menemani anak berenang



Jika rumah Anda memiliki kolam renang, tidak ada salahnya jika sesekali Anda menikmati kegembiraan bersama anak Anda dan ikut menemani mereka berenang. Berhubung air memberikan resistensi alami, maka gerakan di dalam air akan lebih menantang tubuh Anda dan membakar lebih banyak kalori. Berenang selama 30 menit bisa membakar sekitar 400 kalori.



6. Lebih sering memasak


Menyiapkan makanan setiap kali tiba waktu makan memerlukan lebih banyak tenaga ketimbang tinggal memanaskan di dalam microwave. Selain tubuh lebih aktif, keluarga juga lebih senang dan sehat dengan suguhan olahan segar setiap kali makan. Jangan lupa mampir ke ResepRecipe.Com ya jika butuh resep-resep masakan yang top



7. Push-up


Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja ketika Anda memiliki waktu luang. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk berlomba push-up. Dalam suasana yang menyenangkan, tentu Anda juga bisa melakukannya tanpa merasa terpaksa.

8. Lompat tali



Olah tubuh ini juga bisa menjadi kegiatan yang menarik bagi anak-anak. Lompat tali bisa dilakukan di garasi, ruang keluarga, di teras rumah, halaman rumah, atau dimana saja asal cukup ruang. Latihan ini baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membangun otot.
Jumlah kalori yang terbakar bervariasi tergantung ukuran tali dan berat badan seseorang. Umumnya, lompat tali selama 15 menit dengan kecepatan sedang bisa membakar sekitar 200 kalori dan jika dilakukan selama 10 menit bisa membakar sekitar 121 kalori..

0 comments:

Post a Comment

 

Everything at once Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger