Alasan kenapa pluto bukan planet

Awal mula pluto di temukan :



Untuk mengetahui mengapa pluto sudah tidak dianggap sebagai planet, maka kita harus tahu dulu bagaimana awal mula planet ini ditemukan. Pluto pertama kali ditemukan pada tahun 1930 oleh Clyde W. Tombaugh di Observatorium Lowell di Flagstaff Arizona. Para astronom telah lama meramalkan bahwa akan ada sebuah planet kesembilan dalam sistem tata surya, yang mereka sebut Planet X. Hanya 22 pada waktu itu, Tombaugh diberi tugas yang melelahkan yaitu membandingkan plat fotografi. Setiap objek bergerak, seperti komet, asteroid atau planet, harus ia definisikan dengan benar.

Setelah setahun pengamatan, Tombaugh akhirnya menemukan obyek di orbit yang benar, dan menyatakan bahwa ia telah menemukan Planet X. Karena mereka telah menemukan itu, tim Lowell diizinkan untuk memberikan nama objek itu.


1.Benda angkasa disebut sebagai planet bila memiliki bagian seperti bumi yaitu gas, batu dan air sedangkan neptunus terdiri atas gas dan batu. Namun pluto hanya terdiri atas batu dan es.



2. Ukuran Pluto yg hanya berukuran 1.151 km tidak sampai setengah dari diameter merkurius yang merupakan planet yg sangat kecil.

3. Orbit Pluto yang kadang timpang tindih dengan orbit planet Neptunus





3. Pluto berukuran hampir sama dengan satelit"nya yang membuat pluto hanya di anggap sebagai benda langit yg bukan disebut planet

0 comments:

Post a Comment

 

Everything at once Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger