Sukiyaki, Makanan jepang yang terkenal di indonesia

Menjamurnya restoran Jepang di tanah air membuat kuliner negeri sakura tersebut semakin banyak dikenal dan digemari masyarakat, salah satunya adalah sukiyaki. Sukiyaki adalah irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu di dlm panci yg dimasak di atas meja makan dgn cara direbus. Salah satu ciri khas sukiyaki, yaitu dimakan dgn mencelupkan irisan daging ke dlm kocokan telur ayam kampung mentah.

Sukiyaki memang merupakan salah satu kekayaan kuliner asli Jepang, menyerupai sabu2 di Cina ataupun thaisuki di Thailand. Sebelum Perang Dunia II di daerah Kanto (sekitar Tokyo) masakan ini lebih dikenal dgn nama gyunabe, yg artinya daging sapi di dlm panci.



Asal muasal sukiyaki saat ini masih menjadi perdebatan. Sebagian orang mempercayai kata sukiyaki berasal dari kata suki yg berarti cangkul besi tebal, dan yaki, dipanggang.

Pd awalnya masyarakat Jepang kurang menyukai sukiyaki karena agama Budha melarang konsumsi hewan berkaki empat dan hewan yg digunakan utk pertanian. Baru setelah restorasi Meiji, ketika orang asing boleh masuk dan berdagang di Jepang, sukiyaki mulai digemari. Tahun 1862, restoran yg menjual sukiyaki utk pertama kalinya dibuka di Jepang.



Daging dan sayuran


Menghadirkan sukiyaki di tengah kehangatan keluarga tdklah sulit, hampir menyerupai menyediakan sup betawi di rumah. Yg pertama hrs disiapkan adalah daging sapi sukiyaki yg kini mudah didpt di toko swalayan. Jika tdk ada, daging sapi sukiyaki dpt diganti dgn daging has yg diiris tipis-tipis.

Bahan lain adalah sawi putih, tofu (tahu jepang), shungiku (nama daun dari pohon keluarga seruni), bawang bombai, dan daun bawang. Dpt juga ditambah wortel dan paprika utk variasi. Utk menambah cita rasa, dpt dilengkapi berbagai jenis seafood seperti udang, cumi, atau kepiting yg sdh dikupas.

Yg tdk boleh ketinggalan dlm pembuatan sukiyaki adalah shirataki, yaitu bentuk konnyaku yg berwujud seperti soun, berwarna bening atau sedikit abu2 Konnyaku adalah makanan tradisional Jepang yg bentuknya transparan, kenyal, dan tdk memiliki rasa. Shirataki berwarna putih, dikemas dlm plastik berisi air utk menjaga kualitasnya.

Pd sukiyaki, biasa juga ditambahkan jamur, terutama jamur kuping dan enokitake. Jamur kuping adalah jamur berwarna hitam berbentuk seperti kuping.



Jamur enokitake

Yg dikenal dgn nama enoki, adalah jamur dgn tubuh buah berbentuk panjang berwarna putih seperti taoge. Jamur ini dikenal j sbg jamur taoge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas. Jamur enokitake sdh dibudidayakan di Jepang lebih dari 300 tahun yg lalu. Jamur enokitake bisa ditanam sendiri di rumah asalkan suhu cukup sejuk.

Di Tiongkok, jamur enokitake sering digunakan dlm pengobatan tradisional utk mengobati ssh buang air besar. Dlm bahasa Cina disebut pinyin. Jamur ini mempunyai tekstur garing & aroma segar. Bagian akar perlu dipotong sblm digunakan dlm masakan. Jamur segar tahan disimpan di lemari es sampai 1 minggu.

Diperkuat sake


Bumbu sukiyaki yg perlu disiapkan adalah kecap shoyu, mirin, air panas, gula, saus tiram, dan garam. Utk memperkuat cita rasa, dlm saus ditambahkan sake, minuman hasil fermentasi dari beras sosoh (polished rice) yg sdh dicuci, direndam air, dikukus, didinginkan, dan difermentasi. Kandungan alkohol pd produk akhir sekitar 15-16 persen. Aromanya khas dan rasanya sedikit asam dan manis.

Sake dikenal sbg rice wine dan sgt mirip dgn Chinese rice wine yg bernama shaosing chu. Sake terdiri dari 2 kelompok utama, yaitu sake murni hasil fermentasi dan sake yg dicampur alkohol. Dlm pembuatan sukiyaki, sebaiknya ditambahkan sake murni karena rasanya akan jauh lebih kuat dan nikmat.

Saat menyiapkan saus, campur semua bahan hingga rata & gula menjadi larut. Daging sapi dipanggang atau dibakar hingga berubah warna. Setelah itu, siapkan panci berisi air, didihkan. Sebagian saus dimasukkan ke dlm panci dan dididihkan kembali.

Setelah itu, masukkan sayur-sayuran dan daging sapi, siram dgn sisa saus. Masak hingga matang dgn api sedang, tanpa mengaduknya. Utk cocolannya, biasa digunakan telur mentah dan kecap cabai rawit. Bila tdk suka dgn dgn bau amis telur mentah, telur dpt dimasukkan ke dlm sukiyaki sebelum diangkat dari atas api.

0 comments:

Post a Comment

 

Everything at once Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger